Wisata Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan

Banyu Biru Pasuruan – Pemandian banyu biru merupakan sallah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan, pemandian ini juga pemandian ysng bersumber langsung dari alam yang masih diabiarkan kealamianya, Air yang sangat jernih dan berwarna kebiru biruan hal inilah yang membuat pemandian ini di beri nama Banyu biru yang berarti air yang berwarna biru, Pemandian ini selalu ramai pengunjung apalagi jika akhir pekan atau hai libur.

Di pemadian banyu biru ini memiliki empat kolam yang berukuran besar dimana dari dua kolam yang ada di pemandian langsung bersumber dari alam dan dua kolam lainya merupakan kolam renang buatan, sebelum disebut dengan nama banyu biru pemandian ini dahulu memiliki nama Telaga wilis. Menurut warga sekitar pemandian banyu biru percaya juka kita mandi di kolam yang bersumber langsung dari alam bisa membuat yang berenang atau mandi di kolam yang ada di pemandian Banyu Biru Pasuruan ini bisa membuat awet mudah.

pemandian banyu biru

Fasilitas di Pemandian Banyu Biru

Pemandian banyu biru pasuruan ini mempunyai beberapa patung atau arca yang dikumpulkan di sudut pemandian. pada tahun 1929 arca-arca ini sudah diidentifikasi oleh arkeolog asal Belanda. Peninggalan yang paling menarik adalah KALA yang merupakan bagian dari struktur candi. Konon, pemandian banyu biru merupakan pemandian kuno yang pernah dikunjungi oleh Hayam Waruk saat dalam perjalanan menuju Lumajang. Pemandian banyu biru juga sudah disediakan banyak fasilitas yang dapat digunakan oleh penggunjung, seperti wahana bermain air, kolam ikan, tempat pameran, taman bermain anak, dan lapangan olah raga tenis, lapangan parkir yang luas.

sejarah pemandiain banyu biru

sejarah pemandiain banyu biru

pemandian banyu biru pasuruan

Jalur Akses menuju Pemandian Banyu Biru

Untuk menuju wisata Banyu biru tidaklah sulit karena pemandian ini berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Pasuruan, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor, jika anda memilih naik kendaraan umum dari terminal pasuruan anda cukup membayar 6 ribu rupiah langsung menuju pemandian atau bisa jugaa dari pasar nggopak jurusan kota probolinggo dengan membyar 3 ribu rupiah saja ansung ke lokasi pemandian Banyu biru.

serpihan arca di pemandian banyu biru

wisata banyu biru

pesona pemandian banyu biru

Tiket Masuk Pemandian Banyu Biru

Untuk bisa masuk ke pemandian Banyu biru pengunjung cukup mengeluarkan uang 5.000 untuk harga tiket masuknya, jika anda membawa kendaraan pribadi anda harus nambah 3000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan roda dua dan 5000 untuk kendaraan roda empat. untuk harga tiket masuk bisa berubah pada hari-hari tertentu.

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai wisata pemandian Banyu biru pasuruan, semoga informasi ini bisa beranfaat bagi anda, terimakasih sudah membaca.

Wisata Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan | Wisata123 | 4.5