Wisata Di Dieng Yang Paling Banyak Dikunjungi, Karena Keindahannya

Wisata Di Dieng – Dieng memiliki banyak wisata yang petut anda kunjungi karena di dieng mempunyai twmpat wisata yang menarik, Tempat wisata yang indah apalagi dataran tinggi dieng, Kawasan dataran tinggi dieng memiliki berbagai macam wisata alam yang beragam seperti Telaga, Kawah, dan candi semua wisata tersebut mmiliki keistimewaan dan keindahan tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat tempat tersebut.

Dari pada anda penasaran apa saja wisata wisata yang ada di Dieng, berikut ini adalah wisata di Dieng yang paling banyak dikunjungi oleh setiap wisatawan yang datang ke dieng, dan wisata alam yang ada dibawah ini adalah Wisata Dieng yang terkenal karena keindahannya.

Tempat Wisata di Dieng Terpopuler

Bukit Sekunir Dieng

Bukit Sekunir Dieng

Bukit skunir merupakan sebuah bukit yang memiliki sport faforit untuk melihat Golden sunrise karena untuk mendaki Bukit Sekunir sendiri tidaklah terlalu sulit. dan pemandangan yang di sajikan oleh bukit sekunir sendiri sangatlah indah tidak heran jika bukit ini selalu dipadati pengunjung apalagi jika pada hari hari libur panjang dan ketika ada festival Dieng.

Bukit Sekunir ini memiliki ketinggihan sekitar 2.263 meter dari permukaan laut, Dan dari atas bukit sekunir ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat mengagumkan dan ketika kabut yang mengelilingi gunung semakin menghilang dan cuaca lagi cerah anda bisa juga melihat puncak puncak tertinggi di jawa tengah seperti Gunung Sindoro, Slamet dan barisan gunung lainnya yang terlihat begitu jelas.

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna merupakan salah satu wisata terbaik di dataran tinggi Dieng  dan berada di ketinggiian 2000 meter di atas permukaan laut. Telaga warna sendiri berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Wonosobo atau sekitar 114 km dari pusat kota Yogyakarta. Telaga Warna ini menyuguhkan pemandangan danau dengan suasana yang sangat tenang dan air danau yang berwarna kehijauan di tambah lagi dengan danau yang dikelilingi pepohonan yang rindang yang seakan menenangkan hati dan pikiran bagi setiap pengunjung yang menyaksikanya.

Telaga Pengilon Dieng

Telaga Pengilon Dieng

Telaga Pengilon merupakan keajaiban wisata yang ada di Dieng, wisata yang satu ini memiliki nuansa yang hening dan tenang sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi stiap pengunjungnya. telaga ini memiliki air yang berbeda dengan  danau yang ada di sampingnya, dan satu lagi keunikan yang dimiliki oleh telaga ini yaitu air yang sangat jernih yang dimiliki oleh telaga Pengilon seakan berubah warna menjadi kuning kecoklatan ketika dilihat dari atas bukit diatasnya.

 

Telaga Cebong Dieng

Telaga Cebong Dieng

Telaga cebong ini terletak di desa Sembungan, sebelah barat Bukit Sekunir, tellaga ini terbentuk dari bekas kawah purba yang awalnya telaga cebong ini memiliki luas sekitar 18 ha saat ini menyempit menjadi 12 ha. Telaga ini juga berada di jalur utama pendakian bukit Sekunir sehingga tak jarag para pendaki menjadikan tempat ini sebagai tempat peristirahatan. Air telaga vcebong initampak berkilau seakan ber6ccampur dengan minyak ketika di pagi hari apabila disaksikan dari atas bukit Sekunir hal ini yang paling di tunggu tunggu dari setiap pendaki yang berkunjung ke tempat ini. Telaga cebong ini juga menyediakan tempat tempat untuk perkemahan dan jika anda ngin berkemah di tepat ini juga tidak perlu repot repot untuk membawa tenda karena masyarakat sekitar Telaga Cebong sudah menyediakan tempat sewa tenda dan alat alat perkemahan bagi pengunjung.

Telaga Mardada Dieng

Telaga Mardada Dieng

Telaga Merdada ini merupaka telaga terluas yang ada di Dieng yang memiliki luas daerah tangkapan sekitar 75 ha, dengan luas genangan sekitar 22 ha, tempat wisata dataran tinggi Dieng ini menyuguhkan bermacam macam keindahan alam seperti  kawah, telaga, perbukitan bahkan candi dapat anda temui di Kawasan Dieng Plateau. Telaga Mardada ini tidak memiliki sumber mata air karena air yang dimiliki oleh telaga ini berasal dari tampungan air hujan. Telaga Mardada ini memiliki keunikan yang dapat dilihat dari bentuk telaga yang terlihat seperti cekungan bekas letusan gunung berapai dan aktifitas Vulkanologi yang terjadi pad jaman dahulu yang meninggalkan cekungan besar yang menjadi telaga.

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang ini adalah salah satu pesona wisata alam yang unik di Dieng sebuah areal vulkanis aktif yang luas dengan permukaan tanah memutih serta kepulan asap tebal membumbung dari salah satu dapur Kawah. Kawah Sikidang merupakan kawah dengan lapangan fumarole terluas di banding kawah-kawah lain di Dieng. Berada di wilayah Desa Dieng Kulon, hanya berjarak kurang lebih 800 meter dari objek wisata Telaga Warna dan 1,5 kilometer dari Kompleks Candi Arjuna, KAwah Sikidang ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis dengan pemandangan pengunungan yang terlihat menghijau dan dipadu dengan hamparan tanah dan bebatuan belerang disekitar kawah yang memiliki kesan tersendiri bagi setiap pengunjungnya.

Kawah Candradimuka Dieng

Kawah Candradimuka Dieng

Kawah Candradimuka ini adalah salah satu kwah yang berada di dataran tinggi dieng yang terletak di atas bukit dengan jarak tempuk kurang lebih sejauh 5 kilometer dan memiliki jalur berbatu dan terjal. Kawah ini memiliki cerita masyarakat yang katanya tempat ini dahulunya adalah tempat gatotkaca memeroleh kesaktianya. Kawah ini termasuk Kawah Aktif. dari Dalam Kawah masih sering muncul Semburan Gas namun Tidak berbahaya. Kondisi Kawah yang cukup Luas memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan Kawah Candradimuka beserta aktivitasnya dari berbagai sudut pandang dan jarak relatif dekat.

Kawah Sileri Dieng

Kawah Sileri Dieng

Kawah Sileri meruakan kawah aktif yang berada di dataran tinggi dieng kawah ini menjadi salah satu wisata alam faforit di Dieng, Di kawah sileri ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Terlihat endapan lumpur belerang yang meluap luap dan mengepulkan asap. Walaupun begitu hanya tercium sedikit saja bau belerang tak seperti saat kita berada di Kawah Sikidang. Apalagi disaat pagi hari uap dari kawah sileri ini seperti masih menempel dipermukaan air, kemudian jika ditunggu sampai beberapa saat uap air ini akan mulai terangkat, dan terpisah dari permukaan air, Pemadangan cukup langka dapat ditemui di sini, kondisi seperti ini terjadi karena pengaruh sinar matahari yang menyinari kawasan kawah ini.

Gardu Pandang Tieng Dieng

Gardu Pandang Tieng Dieng

Gardu Pandang Tieng adalah salah satu wisata yang paling populer dikunjungi oleh wisatawan, Gerdu Pandang ini berada di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar dan Memasuki Kabupaten Wonosobo, berada pada ketinggian 1789 meter di atas permukaan laut. Dari atas gerdu pandang tieng ini kita bisa melihat hamparan pegunungan yang terlihat sangat indah dan ketika melihat sebelah kiri gerdu pandang anda akan melihat Gunung Prau, dan gunung gunung yang ada di dieng seperti Gunung pakuwojo, Sindoro. dan diwaktu sore hari kita juga bisa melihat Golden Sunres yang sangat Indah.

Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna merupakan candi utama di komplek percandian Dieng dan candi ini merupakan candi tertua yang ada di percandian dieng, Candi Arjuna ini diperkirakan dibangun pada abad ke 8 Masehi Dinasti sanjaya Mataram kuno. Candi Arjuna berukuran 6 x 6 m dan menghadap ke arah barat. Pada pintu masuk dan relung-relungnya dihiasi kala makara. Atap candi berjenjang dengan menara-menara kecil di setiap sudut. Candi Arjuna ini biasanya digunakan sebagai pelaksanaan upacara Gulungan dan digunakan sebagai ruwatan anak anak yang memiliki rabut gimbal. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Candi Arjuna ini dikenakan biaya tiket masuk 10 ribu rupiah dengan tiekt masuk tersebut pengunjung bisa dapat mendatangi Kompleks Candi Arjuna, Sendang Sedayu, Sedang Maerokoco, Dharmasala, serta Kawah Sikidang.

Candi Bima Dieng 

Candi Bima Dieng

Candi Bima ini terletak di desa Dieng kulon,Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Candi ini berbentuk bujur sangkar dan memiliki ukuran 4,55 m x 4,55 m dan bentuk candi Bima ini mmiliki unsur unsur seperti bangunan candi yang ada di india yang memililiki tiga tingkatan mendatar, dan pada setiap candi bima terdapat arca Kudu pada relung relung candi, pada bagian atas candi memiliki bentuk kerucut seperti piramida, Jika dilihat dari segi bangunan kemungkinan candi bima ini sudah ada sejak 1000 tahun silam. Candi Bima ini juga dgunakan sebagai tempat upacara pradaksina karena ditemukan bekas bekas tembok yang mengelilingi candi Bima.

Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng

Gunung Prau terletak di Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo Jawa tengah, Gunung ini memiliki ketinggihan 2.565 meter dari permukaan laut. Dari atas Gunung Prau ini anda akan disuguhi pemandangan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan seperti hamparan bunga edelweis dengan bukit-bukit gunduk atau yang terkenal dengan sebutan Bukit Teletubies. Istilah Teletubies ini disematkan bukan karena apa, namun memang kumpulan bukit-bukit (gunduk) kecil di puncak prau ini mirip sekali dengan bukit yang biasa kita liat di film teletubies.

Sumur Jalatunda Dieng

Sumur Jalatunda Dieng

Sumur Jalatunda merupakan sumur tua yang berada di wonosobo jawa Tengah sumur ini memiliki ketinggihan sekitar 2000 meter dari permukaan laut, sumur ini terbentuk karena letusan gunung berapi pada jaman purba yang ada di dieng, lubang raksasa ini meemiliki panjang dan lebarnya sekitar 90 meter dan memiliki kedalaman sekitar ratusan meter. Dan nama Jalatunda sendiri diambil dari cerita pewayangan, yang konon dari cerita masyarakat yang beredar bahwa pada zaman dahulu pewayangan mahabarata pernah mandi di sumur ini sebagai penghubung antara dunia dan langit lapisan ketujuh bumi sapta pratala. Dan sumur jalatunda ini memiliki mitos yang masih dipercaya sampai saat ini, menurut massyarakat sekitar jika bisa melempar 3 buah batu dan melewati sumur jalatunda maka keinginan yang diinginkan oleh setiap pelempar akan bisa terkabulkan. sumur Jalatunda ini juga digunakan masyarakat pada bulan haji dan bulan suro sering diadakan ritual ritual tertentu untuk memperoleh hidayah dari Tuhan.

Batu Ratapan Angin Dieng

Batu Ratapan Angin Dieng

Bayu Ratapan Angin adalah dua batu besar yang berdampingan, batu ini juga sering disebut batu pandang karena dari atas batu ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat indak dari sekitar batu tersebut, dan yang paling disukai oleh pengunjung batu rayapan angin ini adalah dari atas batu bisa melihat telaga warna dari atas batu yang terlihat sangat indah, ditambahlagi dengan tipuan angin  yang sangat besar mengenai bebatuan yang seakan menimbulkan siulan.

 

Dieng Plateau Theater 

Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar dan Kabupaten Wonosobo, Dieng Plateau Theater merupakan Sebuah layar berukuran 2×3 meter terpampang di depan tempat duduk sebuah balkon berukuran besar. Gempuran udara dingin menyengat kulit orang-orang disana. Perasaan takjub, penasaran, Dieng Plateau Teater merupakan sebuah teater mini berkapasitas 60 tempat duduk dengan bangunan bergaya klasik berundak-undak yang terbuat dari batu. Dieng Plateau Theater menyajikan tayangan tentang geografis Dieng Plateau, obyek wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng, history dan culture seperti tayangan tentang anak rambut gimbal Dieng.

Demikian informasi tentang tempat wisata yang ada di Dieng, semoga informasi Wisata Dieng ini bisa menjadi refrensi bagi anda, Selamat berlibur dan terimakasih sudah membaca.

Wisata Di Dieng Yang Paling Banyak Dikunjungi, Karena Keindahannya | Wisata123 | 4.5