20 Tempat Wisata Di Maskasar Seru Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat wisata di Makassar –  Makassar merupakan salah satu kota besar yanng berada di Indonesia bagian timur, Makassar ini juga dikenal Dunia sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia, sejak abad ke 14 banyak kapal perdagangan China, India dan Kamboja yang melakukan Komoditas. Makassar ini juga mempunyai banyak lokasi wisata alam, kaya akan Kekayaan budaya dan Sejarah.

Tempat wisata si Makasar

Berikut adalah sejumlah tempat  wisata di Makassar yang memiliki keindahan alam yang sangat menawan dan bersejarah dimana tempat-tempat wisata ini memiliki daya tarik wisatawan tinggi dan sangat disayang jika tidak anda kunjungi.

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar adalah taman hiburan terbesar di Indonesia yang meiliki lebih dari 20 wahana permainan dan dilengkapi dengan bergagai fasilitas mulai dari Hotel, Restoran, Mal yang senua faslitas tersebut berada dalam satu komplek yang memiliki luas 12,7 hektar. Trans Studio Makassar juga dilengkapi dengan simulasi beberapa program stasiun televisi seperti Trans TV dan peristiwa peristiwa yang terjadi di indonesia seperti Wahana yang bernama tsunami Island dimana wahana ini memiliki sussana seakan tsedang terjadi tsunami yang memiliki suasana mencekam pada saat tsunami dan gempa bumi, selain itu Trans Studio Makassar memiliki banyak wahana seperti Magic Museum yang berisi benda-benda hidup , Dunia Lain, Arung Jeram, Magic Corner, Lost City, Terror Twister, dan Water Coaster , zona Studio Central, dan Cartoon City. Trans Studio ini juga mampu menampung lebih dari 5000 pengunjung, dan untuk nisa masuk ke Trans Studio penunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp. 100.000 berbentuk teknoogi microchip card.

Taman Nasional Banti Murung

Taman Nasional Banti Murung

Taman Nasional Banti Murung adalah cagar alam seluas 480 km2 taman ini terkenal memiliki banyak kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly, Taman NAsional ini juga mengembangkan tpenagkaran kupu-kupu yang dibuka sebagai wahana pendidikan konserfasi bagi pengunjung. Selain itu di Taman Nasional BAti Murung ini juga memiliki Air terjun yang indahnya air jatuh dari atas ke bawah dengan melawati bebatuan hingga seakan memanjakan mata bahwa terdapat pemandangan air terjun yang luar biasa. SElain itu TAman Nasional Banti Murung ini juga memiliki Goa Yaitu Goa Batu Dan Goa MImpi dimana Untuk mencapai goa ini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 700 meter dimana disetiap perjalanan menuju goa ini anda akan melihat pemandangan air terjun dan aliran sungai yang masih terjaga keasriannya. Selanjutnya untuk menuju Goa mimpi rute yang harus dilalui sekitar 800 meter dan tidak memiliki jasa pemandu karena lokasi goa ini sangat jauh dan tidak memiliki banyak pengunjung.

Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang merupakan taman wisata perairan dimana wilayah perairan koposang berada di anatara 3 pulau yang berpenghuni dan 3 pulau kecil yang tidak berpenghuni, Pulau kaposang memiliki wisata bawah laut yang sangat indah dan bisa disebut sebaga tempat dving terbaik di Sulawesi Selatan dengan mentyuguhkan pemndangan bawah laut karang karang yang yang masih alamidan berbagai jenis ikan yang sangat indah. Selain itu pulau ini memiliki Spesies penyu sisik dan untuk bisa melihatnya anda harus menyelam ke titik penyelaman turtle point dan dan sebaiknya anda datang pada bulan desember-april. Pulau Kapoposang ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Restauran, penginapan, Bungalow, fasilitas olahraga dan Dise operator .

Tanjung Bira

Tanjung Bira

Tanjung Bira merupakan pantai yang berada di Kecamatan Bonto Bahari,KAbupaten Bulukumba, Sulawesi Utara, Pantai Tanjung Bira ini memiliki pasir pantai putih yang lembut dan jajaran pohon kelapa yang ada di  pesisir pantai membuat suasana yang sangat nyaman, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini seperti berenang, meyelam, Snorkeling dan berjemur, menikmati keindahan pulau Liukang dan pulau Kambing. Selain itu pengunjung juga bisa melihat keindahan sunset dan sunrise yang sangat indah di pantai ini.

Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke merupakan salah satu dari beberapa pulau tak berpenghuni yang ada di wilayah Sulawesi Selatan, Pantai jaraknya hanya sekitar 20 hingga 30 menit saja dari Pulau Samalona atau sekitar 14 km dari Pantai Losari Makassar. Pulau ini memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih halus dan air lautnya berwarna biru dan jernih. Terumbu karang biota laut yang masih terjaga kealamianya sehingga pantai ini Sangat cocok untuk melakukan kegiatan diving maupun snorkeling. meskipun pulau ini tidak berpenghuni tetapi sudah banyak gazebo-gazebo yang dibangun yang dapat digunakan oleh pengunjug untuk beristirahat.

Pegunungan Karst

Pegunungan Karst

Pegunungan Karst Kawasan merupakan batuan gamping yang terbentuk dn ada sejak ribuan tahun yang lalu membentang di wilayah kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan luas sekitar kurang lebih 40 ribu hektar. tebing tebing yang tinggi berbentuk menara yang berdiri sendiri maupun brkelompok membentuk pegunnungan batu gamping yang menjuang tinggi merupakan fenomena alam yang sangat menabjubkan. selain itu di pegunungan Kars ini juga terdapat sekitar 400 goa dan sekitar 89 goa dantaranya merupakan goa pra sejarah peninggalan manusia purba yang pernah tinggal dan hidup di goa tersebut ribuan tahun lalu.

Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala berada di Desa Bulu’tana Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa di kaki Gunung Bawakaraeng pada ketinggian 900-1.500 Meter dari permukaan laut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup besar yang dapat membuat kabut sekitar 20 meter, sehingga jangan heran jika kamu dapat melihat cahaya seperti pelangi di air terjun ini. Untuk bisa melihat air tejun ini dengan jelas pengunjung bisa menaiki bukit batu yang dikenal dengan 1000 anak tangga dan dari atas sini pengunjung bisa melihat dari dekat air terjun takapala, pengunjung juga bisa bermain air / mandi di dasar air terjun takapala ini dibalik air terjun takapala ini juga terdapat goa untuk bisa sampai ke goa ini anda menyebrangi kolam di dasar air terjun dan sebaiknya anda hati hati karena tekanan air terjun ini sangat deras dan jika anda melewati bebatuan yang ada di sekitar air terjun hati-hati karena licin.

Danau Tempe

Danau Tempe

Danau Tempe merupakan danau yang berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi dengan luas sekitar 13.000 hektar yang diapit oleh tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wajo, Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap yang membuat danau ini menjadi danau terbesar kedua di Sulawesi. Danau tempe ini terkenal akan kekayaan ikan yang melimpah, karena itulah danau ini menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat setempat. masyarakat sekitar juga mendirikan rumah di tengah danau. Beberapa kelompok perumahan khas suku Bugis dengan bendera warna-warni didirikan oleh masyarakatnya diatas perairan Danau Tempe. Di danau temp ini pengunjung juga bisa berkeliling menikmati keindahan alamnya dengan menggunakan perahu. Selain pemandangannya yang asri, Anda bisa menjumpai berbagai bunga air, juga beberapa burung burung yang singgah di danau ini.

Benteng Ujung Pandang ( Fort Rotterdam )

Benteng Ujung Pandang ( Fort Rotterdam )

Benteng Fort Rotterdam adalah salah satu benteng yang berada di Makasar, Sulawesi Selatan, beteng ini merupakan peninggalan bersejarah dari kesultanan Gowa. Benteng ini dibangun oleh raja Gowa ke x Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau Karaeng Tunipalangga Ulaweng pada tahun 1545 M, yang dibuat dengan meggunakan campuran batu dan tanah liat yang dibakar hingga kering. pada tahun 1655 hingga 1669 benteng ini sempat hancur karena armada perang Belanda menyerang Kesultanan Gowa yang bertujuan untukmenguasai perdagangan rempah rempah. Kemudian benteng yang hancur tersebut dibangun kembali oleh Gubernur jendral Speelman dengan model arsitektur Belanda dengan dinding yangy menjulang 5 meter dengan tebal 2 meter dengan pintu utama yang berukuran kecil, kemudian benteng tersebut dinamakan Fort Rotterdam yang merupakan tempat kelahiran Speelman.

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu terletak di Jl Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Saat ini, Benteng Somba Opu berada di dalam kompleks Miniatur Budaya Sulawesi Selatan. Benteng ini merupakan benteng yang menjadi saksi dari kegigihan Sultan Hasanuddin dan masyarakat Makasar untuk mempertahankan Negeri dari penjajahan Belanda. Benteng Somba Opu ini merupakan salah satu Benteng terkuat yang pernah dibangun di bumi Nusantara ini menurut pernyatan ilmuwan dari Inggris William Wallance.

Benteng ini dibangun dari batu bata merah yang tebal jika dilihat dari ketebalan benteng terbayang betapa sulitnya untuk menembus benteng ini.Untuk saat ini di benteng Somba Osu hanya terlihat sisa-sisa dari benteng tersebut yaitu berupa tiga buah bastinon. Adalah bastion di sebelah barat daya, bastion tengah, dan bastion barat laut. Yang terakhir ini disebut Buluwara Agung. Di bastion inilah pernah ditempatkan sebuah meriam paling dahsyat yang dimiliki orang Indonesia. Namanya Meriam Anak Makassar. Bobotnya mencapai 9.500 kg, dengan panjang 6 meter, dan diameter 4,14 cm. Untuk saat ini di dalam kompleks sedang dikembangkan sebuah taman mini untuk Sulawesi Selatan, jika menggunjungi benteng ini pengunjung seakan mengunjungi seluruh wilayah di Sulawesi Selatan.

Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa Arsitektur bangunan ini berbentuk rumah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Dibangun di atas lahan seluas satu hektar yang dibatasi oleh pagar tembok yang tinggi dengan Bangunan utama istana berukuran 60×40 meter dan ruang penerima tamu berukuran 40×4.5 meter. Dimana musseum ini dahulunya adalah tempat raja raja Gowa. Didalam Museum ini terdapat berbagai macam macam peninggalan kerajaan seperti benda benda pusaka,badik atau badek, parang, tombak, dan ada pula senjata yang menjadi simbol-simbol kerajaan, keramik, gentong dari gerabah, loyang, tempat lilin, ceret, bokor, yang sebagian terbuat dari emas, Mahkota,lukisan dan patung Sultan Hasanuddin dan Raja Gowa lainnya, kitab suci Al-Quran tulisan tangan yang berasal dari abad-16. Selain itu setiap Idul Adha di museum ini diadakan upacara adat Kelampong dimana upacara ini merupakan upacara pembersihan benda benda pusaka peninggalan Kerajaan Gowa yang ada di Museum Balla Lompoa.

Pantai Losari

Pantai Losari

Pantai Losari merupakan pantai yang berada di Jalan Penghibur sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah apalagi jika sore hari karena di pantai ini anda akan bisa melihat sunrise yang sangat indah selain memiliki keindahan pantai pantai ini juga menyediakan berbagai ragam makanan khas Makassar sepeti pisang epek, pallu bullung dan masih banyak lagi lainya. Selain itu di anti losari ini sudah disediakan berbagai fasilitas, Jika anda datang dari luar kota di pantai ini juga sediakan hotel dan penginapan Toilet, kamar mandi dan mushola pun sudah tersedia di pantai losari. untuk bisa masuk ke pantai Losari pengunjung tidak di kenakan biaya hanya saja membayar parkir kendaraan anda.

Pulau Samalona

Pulau Samalona

Pulau Samalona merupakan pulau yang berada di Kecamatan Ujung Pandang, Makasar Sulawesi Selatan dimana pulau Samalona ini memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Dan Pulau ini juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya, selain bisa berenang anda juga bisa melakukan kegiatan Diving di pantai ini da untuk alat alatnya sudah tersedi jasa sewa alat alat Diving dan Snorkeling yang ada di pulau ini. Keindahan bawah laut yang sangat indah dan masih terjaga kealamianya sudah terkenal hingga mancanegara, tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung yang datang mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Di pulau ini juga mempumyai banyak fasilitas yang disediakan untuk pengunjung seperti Penginapan, Kamar bilas, dan Kedai.

Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian Air Panas Lejja merupakan objek wisata yang berada di kawasan hutan lindung Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Pemandian air panas ini memiliki kadar belerang 1,5% dimana jika anda mandi di pemandian ini bisa menyembuhkan enyakit reumatik dan penyakit kuit. Di pemandian air panas ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti Kolam pemandian umum dan ada juga kolam pemandian Private, toilet, ruang bilas, kamar ganti, pondok pondok, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Untuk kolam pemandian private disediakan dengan rumah panggung kecil yang memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter. Sedangkan untuk kolam pemandian umumnya terdapat 5 kolam dengan fungsi yang berbeda, Kolam pertama memiliki air sangat panas, kolam kedua Kolam dangkal dengan air suam-suam kuku yang bisa dipakai untuk anak-anak, Kolam ketiga Kolam dengan kedalaman sebatas leher dan air suam-suam kuku untuk orang dewasa, Kolam keempat Air di kolam ini sudah normal, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin dan kolam ini khusus orang dewasa, Kolam kelima Kolam yang berada di sebelah timur ini dilengkapi dengan papan loncatan.Untuk dapat memasuki obyek wisata ini Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang untuk dewasa dan Rp. 3.500/orang untuk anak-anak.

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Pusat Kerajinan Perahu Pinisi ini terdapat di Kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bontobahari,  Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika anda mengunjungi pusat pengrajin perahu phinisi penunjung akan  berdecak kagum melihat kepiawaian para pengrajinnya membuat Perahu Pinisi.  Mereka mampu membuat perahu yang sangat kokoh dan megah hanya berdasarkan pada  pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari nenek moyang mereka, tanpa  menggunakan gambar atau kepustakaan tertulis. Sejarah membuktikan bahwa Perahu Pinisi  Nusantara telah berhasil berlayar ke Vancouver Kanada, Amerika Serikat, pada  tahun 1986. Oleh karena kepiawaian para pengrajin tersebut, Kabupaten Bulukumba  dijuluki sebagai Butta Panrita Lopi, yaitu bumi atau tanah para ahli pembuat Perahu  Pinisi. Kapal Pinisi sendiri adalah kapal kayu yang digunakan Indonesia sejak beberapa abad yang lalu, yang diperkirakan ada sebelum tahun 1500an. dan menurut naskah Lontarak I Babad La LAgagio pada abad ke 14, pinisi pertamakali dibuat oleh Sawerigading, utera Mahkota kerajaan Luwu untuk berlayar menuju Negeri Tiongkok.

Kampung Ke’te Kesu

Kampung Ke’te Kesu

Kampung Ke’te Kesu merupakan destinasi wisata sejarah yang berada di sulawesi selatan dimana wisatawan akan menemukan kawasan rumah adat khas masyarakat Tanah Toraja yang bernama Tongkonan dimana rumah ini merupakan rumah adat yang menyimbolkan kerukunan/rumpun keluarga besar. dan menurut cerita dari warga sekitar Rumah adat ini menyimbolkan, bangunan Tongkonan yang mengarah ke utara tersebut melambangkan  asal muasal leluhur dari Tana Toraja. Nantinya pun ketika ada warga yang meninggal dunia, mereka akan berkumbul bersama arah leluhurnya di utara. Selain bentuknya yang unik, ornamen yang terdapat pada Tongkonan juga tidak kalah menarik. Salah satu ornamen yang terdapat di Tongkonan adalah keberadaan tanduk kerbau yang disusun secara vertikal di halaman depan dimana jumlah tanduk kerbau menunjukkan status sosial sang pemilik Tongkonan. dan diperkampungan ini juga ada Peti-peti mati yang berada di kawasan ini sudah berumur ratusan tahun. Ada peti yang diletakkan di tanah, digantung di atas tebing dan ada pula yang diletakkan di dalam gua.

Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae

Pulau Lae lae merupakan destinasi wisata alam yang berada di Makasar dimana dipulau lae lae ini terdapat situs bersejarah terowongan bawah tanah yang konon terowongan ini terhubung dengan benteng Ford Rotherdam, namun terowongan tersebut untuk saat ini tertimbun oleh tumpukan sampah karena tidak adanya perhatian oleh dinas terkait. Pulau Lae lae juga mempunyai pondok kecil seadanya yang dikelola oleh warga setempat. Pondok ini tak layaknya sebuah resort, dengan pengalaman yang sangat ala pribumi warga Pulau Lae-Lae yang hanya berjumlah sekitar 1700-an jiwa. Dengan kondisi demikian untuk tarif yang ditetapkan untuk bermalam sangat terjangkau. Untuk satu malamnya dihargai dengan 50 ribu rupiah. Pulau ini juga menyuguhkan pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah tak heran jika pada sore hari banyak wisatawan yamg menuju pulau ini hanya untuk melihat sunset karena sunset yang bisa dilihat dari pulau ini memberikan pesona tersendiri bagi penikmatnya.

Pulau Kayangan

Pulau Kayangan

Pulau Kayangan adalah salah satu objek wisata yang populer di Makasar pulau ini menawarkan pantai berpasir putih bersih dan memiliki laut yang berwarna biru dan jika disore hari pengunjung akan mendapat pemandangan sunset yang sangat indah dan menabjubkan. di pulau ini juga memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung pulau ini eperti tempat penginapan , resort, panggung hiburan, restoran dan cafe gedung, arena bermain untuk anak anak dan sarana Olahraga dan terdapat aquarium yang engolekse beberapa jenis ikan hias air laut.

Pantai Akkarena

Pantai Akkarena

Pantai Akkarena merupakan pantai yang memiliki keindahan pantai dan pantai ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga anda. Pantai Akkerena ini juga terkenal dengan keindahan sunset yang sangat mempesona dengan dilengkapi dengan dermaga panjang dengan tempat duduk san lampu taman yang menambah suasan di tepi pantai ini menjadi lebih romantis. banyak muda-mudi baik dari dalam maupun luar negeri yang datang dan menikmati sunset di pantai ini semakin sore di pantai ini akan semakin ramai pengunjung yang datang.

Pantai Akkarena juga menawarkan berbagai fasilitas, antara lain sarana bermain, restoran serta taman.Taman ini di sebut Akkarena Tanjung Bunga,yang dibangun di area seluas 12 hektar dan biasa buka pada pukul 07.00 sampai 12 malam. Di taman ini menyajikan aneka makanan dan minuman lokal maupun internasional, Akkarena Tanjung Bunga dilengkapi dengan hiburan live musik. Untuk bisa mengunjungi pantai ini pengunjung cukup mengeluarkan biaya Rp 5000 untuk masuk dan Rp 2000 untuk parkir mobil sedangkan untuk tarif parkir motor yaitu Rp. 1000, pengunjung dapat menikmati berbagai aktifitas olahraga air maupun aneka permainan seperti banana boat, jet sky, sampai dengan permainan yang memacu adrenalin yaitu ATV disamping menikmati angin sepoi-sepoi serta keindahan pantai Akkarena.

Pulau Gusung

Pulau Gusung

Pulau Gusung adalah pulau yang terletak di kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan,pulau ini dulunya adalah sebuah tanggul karena proses sendimentasi yang terjadi secara terus-menerus dan sudah berlansung lama, sehingga di bagian sisi utara tanggul terjadi penumpukan pasir putih yang lama kelamaan semakin membesar dan melebar sehingga terbentuklah pulau. pulau ini memiliki Pemandangan alam pantai yang sangat sangat indah yang memiliki Pasir putih yang terhampar luas sangat bersih, dipantai ini banyak aktifitas yang bisa dilakukan seperti olahraga jet sky, selancar angin, menyelam.

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai tempat tempat wisata di Makassar, semoga informasi ini bisa bermanffat bagi anda, terimakasih sudah membaca.

20 Tempat Wisata Di Maskasar Seru Yang Wajib Anda Kunjungi | Wisata123 | 4.5