Berkunjung Ke Kepulauan Raja Ampat, Surga Dunia Yang Ada Di Indonesia

Kepulauan Raja Ampat – Merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.Raja Ampat sendiri mempunyai banyak destinasi wisata alam yang sangat indah dan mempesona, dan objek wisata yang berada di kepulauan raja ampat ini sudah dikenal oleh banyak wisatawan dari mancanegara karena wisata yang masih terjaga kealamianya. Objek wisata yang berada di Papua bagian barat ini nebyuguhkan banyak sekali destinasi wisata seperti gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih pulau raja ampat ini memang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman.

Wisata Raja Ampat

Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air yang dimiliki pantai- pantai di Kepulauan Raja Ampat. Dan dari Pulau pulau yang berada di Kepulauan Raja ampat berikut adalah pulau-pulau yang paling sering dikuunjungi wisatawan karena memiliki keindahan yang menabjubkan.

Pulau Misool

Misool

Pulau Misool merupakan salah satu pulau terbesar yag berada di Kepulauan Raja ampat, Papua Barat, Indonesia. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dengan pasir putih bersih di bibir pantai dan air laut yang jernih dengan warna biru kehijau hijauan, ditambah lagi dengan pemandangan laut yang sangat cantik yang menyimpan bermacam macam jenis biota laut dan terumbu karang.

Pulau missol ini juga mempunyai pantai yang berbatasan langsung dengan laut lepas yang menjadi jalur migrasi hewan hewan laut seperti paus dan Hiu dan banyak menyuguhkan spot keindahan yang membuat daya tarik utama bagi pengunjung yang menyukai hobi snorkeling dan diving untuk berkunjung ke pulau misool, selain itu pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berenang, berkeliling pulau dengan mengikuti boats trip, berjemur sambil bersantai dengan menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh pulau misool . Untuk akomodasi yang dimiliki Pulau Misool sendiri juga terbilang cukup lengkap dengan tersedianya banyak penginapan mulai dari penginapan kelas ekonomi dengan harga yang cukup terjangkau dan penginpan dengan kelas eksklusif dengan harga yag mahal.

Pulau Waigeo

 

Pulau Waigeo

Pulau Waigeo merupakan pulau yang berada di Raja Ampat, Papua Barat dimana pulau ini merupakan salah satu pulau terbesar yang memiliki luas 3155 km2 dengan titik tertinggi 1000 m, jarak barat ketimur sekitar 110 kmdan utara ke selatan sekitar 50 km. Pulau Waigeo ini memiliki keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih dan memiliki beraneka ragam jenis biota laut dan banyak juga jenis spesies terumbu karang yang terlihat sangat indah sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan laut dengan melakukan keigiatan Diving.

pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan ketika berwisata ke pulau Waigeo seperti berenang di tepi pantai berjemur dan bisa juga berkeliling pulau dengan mengunjungi Teluk kabui dengan pulau pulau karst, Goa Tengkorak, berjalan jalan dan menikmati perkampungan tradisional, mengunjungi situs-situs bersejarah dan wisatawan juga melihat kesenias khas Pulau Waigeo yaitu kesenian Suling tambur dimana kesenian ini biasanya ditampilkan pada perayaan hari besar Agama dan untuk menyambut pejabat atau orang-orang penting yang sedang berkunjung ke Pulau Waigeo, dan yang paling menarik yang ada di Pulau Waigeo ini adalah fenomena yang ada pada setiap akhir tahun dimana di Pulau ini terdapat fenomena alam yang terlihat sangat menabjubkan yait keluarnya cahaya dari laut yang berputar putar di pemukiman sekitar 10 menitan dimana fenomena ini ada hanya di saat pergantian tahun saja.

Pulau Batanta

 

Pulau Batanta

Pulau Batanta ini merupakan salah satu dari empat pulau terbesar yang ada di Kabupaten Raja ampat dengan luas wilayah Pulau Batanta sekitar 453 km² dengan titik tertinggi mencapai 1.184 m di atas permukaan laut. Pulau ini juga memiliki Alam yang sangat eksotis dimana keindahan alam yang dimiliki Pulau Batanta ini sudah terkenal hingga macanegara. Pulau Betanta ini menyuguhkan pantai dengan pasir putih yang bersih dan halus ditambah lagi dengan Air laut yang sangat jernih dengan keindahan bawah laut dan memiliki beragam jenis biota laut dan batu karang sehingga pengunjung yang datang ke pulau ini bisa melakukan kegiatan berenang, Diving, Snorkeling.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya pulau Batanta ini juga memiliki beragam jenis flora dan faunanya dan yang paling terkenal adalah pengunjung bisa melihat burung Cendrawasih dimana jenis burung ini sudah dikategorikan sebagai burung yang hampir punah dan jenis hewan yang dilindungi. Sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Pulau Batanta ini juga di lengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dengan disediakanya penginapan yang bisa di sewa oleh setiap pengunjung yang datang dan harga yang ditawarkan oleh masing-masing penginapan pun juga cukup berfariasi tergantung dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan dari penginapan tersebut.

Pulau Salawati

 

Pulau Salawati

Pulau Salawati adalah pulau yang berada Distrik Salawati, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Dimana pulau ini adalah salah satu pulau terbesar yang berada di kepulauan seribu dengan luas wilayah sekitar 1.623 Km persegi dimana pulau ini masih sangat alami dan banyak sekali di tumbuhi oleh pohon sagu, Untuk menuju Pulau ini dari pelabuhan Sorong pengunjung bisa naik kapal boat untuk menuju ke pulau Salawati, Wisatawan yang datang ke pulau Salawati ini tidak hanya wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh pulau ini

Ada pula yang datang untuk melakukan penelitian untuk mempelajari sumber daya alam yang sangat beragam berupa pemadangan alam yang masih alami, pemandangan bawah laut yang sangat indah, dan beraneka ragam jenis flaura dan faunanya, terutama yang paling terkenal adalah penemuan spesies baru yang pertamakali di temukan adalah ikan yang bernama pelangi Salawati (Melanotaenia Salawati) yang ditemukan di sungai Doktor ikan ini memiliki kecantikan dengan corak tubuh yang berwarna warni. dan di sungai Doktor ini orang-orang kampung sekitar mempercayai bahwa air yang mengalir di sungai doktor ini bisa menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu Pulau Salawati ini juga terkenal dengan pemandangan Air terjunya yang sangat indah dengan suasana yang sangat sejuk dan tenang dan juga banyaknya peninggalan sejarah bunker bunker milik tentara Belanda dan Jepang bekas peperangan Dunia ll dan yang terahir adalah kebudayaan masyarakat Pulau Selawati yaitu Tari Wor.

Pulau Gag

 

Pulau Gag

Pulau gag merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah Distrik Waigeo Selatan, Kabupaten sorong, Provinsi Papua, pada gugusan kepulauan Raja Ampat yang terletak di bagian barat burung Irian Jaya.Pulau ini memiliki daratan yang didominasi dengan bukit bukit dan pegunungan dengan puncak tertinggi yang ada di pulau ini dimiliki oleh gunung susu yang mempunyai ketinggia 350 meter diatas permukaan laut dimana sunung ini berada di bagian selatan pulau.

Pulau ini juga mempunyai sumbaerdaya yang sangat melimpah dimana sumberdaya yang ada di pulau ini meliputi sumberdaya mineral, dan ekosistem Mangrove yang masih terjaga kealamianya, Selain itu sumberdaya alam juga banyak ditemukan di wilayah perairanya seperti perikanan, Terumbu karang dimana dalam ekosistem terumbu karang yang berdominan ialah karang batu. Dengan kerangka yang keras dan bentuk serta ukurannya yang beraneka ragam, karang batu dipakai sebagai tempat hidup, berlindung dan mencari makan oleh berbagai jenis biota lain seperti krustasea, moluska, ekhinodermata, polikhaeta.

Terumbu karang di Pulau Gag tersebar luas di hampir seluruh kepulauan, namun sebaran terumbu karang terbesar terdapat di Distrik Waigeo Utara, Waigeo Selatan dan Misoo Di ekosistem terumbu karang pulau Gag banyak ditemukan ikan karang, jenis-jenis ikan yang banyak ditemukan dikawasan ini antara lain ikan ekor kuning, pisang-pisang, napoleon, kakatua, kerapau, kakap dan baronang. Sedangkan untuk Crustacea yang banyak ditemukan adalah jenis Penaidae dan kepiting bakau (Scylla). Penyebarannya cukup besar terutama dikawasan Selat lele, Seget, Saigun, Teminabuan dan Inanwatan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai wisata yang berada di Kepulauan Raja Ampat, Semoga informasi yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi anda, terimakasih sudah membaca.

Berkunjung Ke Kepulauan Raja Ampat, Surga Dunia Yang Ada Di Indonesia | Wisata123 | 4.5